WAHANA WAKE BOARDING PRA BUNDA SAYANG


Jika ditanya ilmu apa yang ingin saya pelajari?

Aduh susah untuk menjawab satu. Karena amanah sayapun juga triple. Ilmu yang ingin didalami sebenarnya sangat berkaitan juga dengan karakter yang ada dalam diri saya. Terlebih motto hidup saya sejak dulu :

فاذا عزمت فتوکل علی الله


Yap, ketika saya menginginkan sesuatu, atau ketika saya ingin menguasai sesuatu maka saya selalu menggunakan motto di atas. Lalu apa saja ilmu yang sebenarnya ingin saya dalami dan kuasai? :

SEBAGAI ISTRI


Sebagai seorang istri, saya ingin sekali mendalami ilmu Keuangan Keluarga Muslim (Sakinah Finance). Sebenarnya sejak menikah, kami memang selalu ada financial report bulanan. Sebagai manager di keluarga, maka saya dan suami memang selalu mendiskusikannya bersama. Akan tetapi masih sangat minim presentase sakinah finnace disana. Terlalu banyak hal "biasa" yang selama ini masuk ke dalam financial report kami.

Nah, untuk itu saya ingin sekali mendalami ilmu ini. Kebetulan kami memang sudah punya bukunya (ditulis oleh ahli di bidang ini) dan plus plus nya lagi, backgorund saya dan suami memang study di islamic finance / islamic economics, jadi insyaallah banyak hal yang mendukung saya dalam proses mendalami ilmu sakinah finance ini. Next sebenarnya saya sudah melirik kelas/komunitas online tentang sakinang finance, bismillah semoga bulan depan bisa ikut mendaftar.

SEBAGAI IBU


Sebagai seorang Ibu, saya ingin sekali mendalami ilmu montessori. Sebenarnya saya tertarik ilmu ini sejak membeli dua bukunya sekaligus awal tahun lalu. Review buku tentang montessori ini ada di artikel sebelumnya. Klik disini.

Fokus saya bukan hanya tentang aktifitas montessorinya saja, akan tetapi juga filosofi-filosofi yang ada pada ilmunya sendiri. Karena yang pertama kali membuat saya jatuh hati pada montessori justru karena filosofinya yang sangat bagus dan relate di kehidupan. Terlebih bahasannya tak pernah lepas dari sisi psikologis anak, itu yang membuat saya ingin sekali mendalami ilmu ini.

Sebagai batu lonjatan, selain sudah memiliki buku pegangannya, saya juga sudah membuat list kelas montessori mana saja yang bisa saya masuki sebagai orang tua (kebanyakan seminar online) sehingga saya berharap keinginan saya akan ilmu ini tidak redup ditelan waktu.

SEBAGAI INDIVIDU


Ada 3 ilmu yang ingin saya dalami sebagai seorang individu :

1. Menggambar doodle art muslim.
Jadi, sudah dua kali saya sengaja mengikuti kelas menggambar online. Walaupun saya memang sejak dulu suka menggambar, tapi kurang afdhal rasanya kalau tidak berguru pada ahlinya. Terlebih goal saya ingin bisa menggambar doodle ini bukan hanya untuk kesenangan semata, tapi untuk menunjang ilmu yang akan saya sebutkan pada no.2 di bawah ini.

2. Menulis naskah cerita anak
Nah, jadi inilah alasan kenapa saya ingin sekali bisa menggambar doodle yang layak untuk dipublish. Karena target saya selanjutnya ingin membuat buku anak sendiri. Sebenarnya saya sudah pernah bikin buku cerita anak, tapi masih buku antologi. Jadi, next planning bismillah buku solo kedua saya sendiri. Dan alhamdulillah sekarang saya juga sedang mengikuti kelas belajar online tentang membuat naskah cerita anak.

3. Menulis komik anak.
Ini juga alasan lain kenapa saya ingin mendalami doodle. Karena saya juga ingin membuat komik. Sebenarnya ini terinspirasi dari baby saya usia 2 tahun yang suka banget buka komik dan icak-icak lagi baca dengan gaya babynya. Makanya saya juga mau masuk ke ranah komik.

PENDUKUNG

- Alhamdulillah sebelumnya saya sudah menulis 11 buku. 10 antologi dan 1 buku solo saya sendiri yang hari ini baru saja tutup PO. Jadi, untuk basic membuat buku insyaallah saya sudah ada.

- Alhamdulillah saya juga sedang mengikuti kelas belajar menggambar doodle dan kelas membuat naskah cerita anak, jadi ilmu dan goal yang ingin saya capai insyaallah realistis dan sesuai dengan kemampuan saya.

- Untuk kelas membuat komik? Insyallah setelah selesai kelas menggambar doodle dan kelas naskah cerita anak, saya akan langsung daftar kelas belajar membuat komik. Supaya tidak terjadi tsunami ilmu jika terlalu banyak mengikuti kelas.

Kenapa saya antusias ikut banyak kelas belajar?

Karena salah satu hal yang sangat saya suka adalah belajar dan menggali ilmu. Kalau sedang belajar, mata saya bisa berbinar-binar seperti tanaman di musim kemarau yang disiram air sejuk. Intinya saya sangat suka dan karena ini positif kenapa tidak saya lakukan lagi dan lagi?.

Jom menambah banyak jam belajar. Apalagi zaman sekarang, belajar tak perlu ribet dengan urusan administrasi apalagi harus duduk di kelas. Cukup dengan memanfaatkan media handphone, insyaallah kegunaan handphone ini menjadi berkah karena digunakan untuk banyak hal yang bermanfaat.

Semangat..

4 Komentar

  1. Salam kenal Bun. Barakallah untuk buku solonya ya, Bun. Semoga semua mimpinya menjadi nyata ya, Bun. Aamiin

    BalasHapus
  2. Masha Allah Tabarokallah bunda. Peta belajarnya luar biasa

    BalasHapus