HADIAH YANG PAS UNTUK IBU BARU MELAHIRKAN


Hayo siapa yang kalau jengukin bayi baru lahir ngadoin feeeding set (alat makan)/skin set bayi(bedak, lotion, oil, dsb)?? Dua benda ini sangat sering diberikan sebagai hadiah ketika jengukin bayi baru lahir. Bahkan pengalaman pribadi saya, saking banyaknya yang ngasih feeding set dan skin care set bayi, jadi tidak termaksimalkan fungsi dan pemakaiannya. Karena memang kado yang sama jadi menumpuk dan akhirnya jadi kado warisan ketika ada teman yang juga habis lahiran.

Fyi, feeding set itu baru bisa digunakan ketika bayi umur 6 bulan awal MPASI. Jadi memang tidak bisa digunakan ketika baru lahir. Sebenarnya bagus juga sih jadi ibu tidak susah lagi menyediakan feeding set saat mulai MPASI, akan tetapi pengalaman saya biasanya setiap ibu punya standar sendiri untuk feeding set anaknya. Apalagi sekarang produk feeding set sudah banyak sekali macamnya dan biasanya nih sang ibu sudah punya standar sendiri untuk yang akan digunakn anaknya, misal sederhana harus yang BPA Free, dsb.

Sedangkan skin care seperti bedak atau lotion itu juga tidak semua bisa digunakan oleh semua bayi. Karena ada beberapa bayi yang kulitnya sensitif dengan merk tertentu, atau ibunya memang sudah loyal dengan satu merk saja. Karena skin care ini memang langsung menyentuh kulit bayi jadi tak semua ibu berani menggunakan segala merk untuk anaknya. Alangkah baiknya jika ingin memberi kado skin care tanyakan dulu ke ibunya, anaknya biasa menggunakan produk apa. Untuk menghindari kemubaziran dan akhirnya tidak terpakai.

Nah, menurut saya pribadi. Ketika selama ini kalau jenguk bayi baru lahir fokus kita hanya memberi kado untuk si bayi. Alangkah lebih baik lagi jika kita alihkan kado bayinya untuk memberikan hadiah pada sang ibu. Ini sangat membantu sekali untuk menjaga mood ibu dan ia akan sangat merasa diperhatikan setelah momen besarnya berjuang hidup mati saat melahirkan. Karena biasanya orang tua bayi pasti sudah menyiapkan segala kebutuhan bayi sesuai dengan standar dan keinginan mereka. Tapii biasanya kebutuhan ibu yang justru sering terlupakan setelah melahirkan. Karena sekali lagi, budaya kita saat melahirkan semua mata fokus pada sang bayi, bukan pada sang ibu. Padahal secara psikisnya justru ibulah yang sangat butuh support dari orang sekelilingnya termasuk tamu-tamu yang datang. Mungkin kado kecil dari para sahabat untuk ibu ketika selesai melahirkan dapat membuat ibu bahagia lalu otomatis akan memrproduksi hormon oksotoksinnya untuk kelancaran ASI sang bayi.

Nah berikut beberapa ide kado untuk ibu yang baru melahirkan :

ASI BOOSTER

Banyak sekali sekarang produk Asi booster di pasaran seperti blackmores atau mama bear. Biasanya mereka menyediakan paket gift. Ini sangat cocok sebagai kado untuk ibu yang sedang berjuang untuk memberikan ASI ke anaknya. Karena ibu senang ASIpun lancar. Asi booster lain yang tak kalah penting adalah membawa makanan kesukaan sang ibu. Teman dekatnya pasti tau doang makanan kesukaannya apa. Atau bisa langsung ditanyain sebelum datang, mau dibawain makanan apa. Karena makanan enak sangat membantu menstabilkan mood ibu yang lagi banyak perubahan hormon setelah melahirkan.

BREAS PAD/BRA MENYUSUI

Ini juga salah satu cara untuk mensukseskan perjuangan ASI sang ibu. Karena ini berguna sekali untuk ibu yang ASI nya sudah merembes ke baju. Selain itu bra menyusui juga akan digunakn untuk jangka panjang hingga anak 2 tahun. Sedangkan breaspad juga akan menjadi sahabat ibu sejak melahirkan. Saya dulu merasa terbantu sekali dengan dihadiahi breaspad, karena memang ASI saya sudah keluar saat hamil tua mendekati HPL.

DAILY WEAR MENYUSUI
Ibu-ibu yang biasanya menggunakan baju kaos di rumah, setelah melahirkan tentu agak mengalami kesulitan jika harus direct breasfeeding dalam menyusui sang anak. Tak semua ibu juga yang punya baju harian ynag ada bukaan menyusui di bagian depan. Nah kado baju rumahan menyusui ini pasti sangat berguna bagi sang ibu. Dan langsung bisa juga dimanfaatkan setelah melahirkan. Selain memudahkan ibu menyusui, baju harian ini juga pastinya akan berguna untuk jangka panjang bahkan setelah sang bayi punya adik lagi.

KADO  UNTUK SANG KAKA

Jika bayi yang lahir ini punya kaka, memberikannya hadiah ketika menjenguk adiknya yang baru lahir sangat bagus untuk menjaga emosionalnya yang sedang bergejolak. Karena ketika adik lahir, dia akan mereka semua perhatian tertuju pada sang adik, bahkan ibunya sendiri mungkin memang akan lebih sering bersama sang adik. Dengan memberikan hadiah pada sang kaka, ia akan merasa sangat dihargai dan diperhatikan. Ini juga sangat membantu meminimalisir adanya sibling rivalry antra adik dan kaka.

POPOK SEKALI PAKAI

Untuk hadiah yang satu ini memang harus ditanyakan dulu pada sang ibu, bayi gunakan merk dan size apa. Karena beberapa bayi bisa mengalami ruam jika kulitnya menggukan merk tertentu. Akan tetapi kado ini sangat berguna sekali bagi sang ibu. Aplagi untuk bayi baru lahir yang intensitas buang air kecilnya masih sangat sering. Membeli popok yang biasanya berisi 20-30 pcs itu sangat membantu sang ayah untuk menjamin ketersediaan popok di rumah selalu aman.

-----------------------

Nah itulah kira-kira barang yang bisa kalian hadiahkan untuk ibu yang baru melahirkan. Semua barang di atas dijamin akan sangat berguna dan selalu langsung digunakan oleh sang ibu. Lebih baik lagi jika mmang memungkinkan sebelum membeli hadiah langsung tanyakan saja pada sang ibu lagi butuh apa, atau mau dihadiahi apa. Ya setidaknya usaha agar hadiah yang dikasih tidak hanya menumpuk di sudut kamar, akan tetapi langsung bisa dimanfaatkan oleh si penerima.

 Have a nice day!!

0 Komentar