ISI P3K BAYI DI RUMAH


Ada banyak sekali hal tak terduga dan serba mendadak sepanjang mengasuh buah hati. Ada bayi yang tiba-tiba kejedot, jatuh, atau tiba-tiba demam, biang keringat, dsb. Tak semua orang tua berprinsip harus selalu membawa bayi ke rumah sakit. Walau dulu, saat bulan- bulan pertama menjadi Ibu, saya termasuk yang parnoan jika ada gejala sakit pada anak. Aqila jatuh dikit langsung mau dibawa ke dokter biar dirontgen make sure kepala nya baik-baik saja.

Jadi ingat waktu Aqila umur 6 bulan-an paginya pilek, siangnya sudah hawatir banget, sorenya langsung bawa ke DSA. Sampai di ruang periksanya dokter kayak tidak percaya ini bayi baru pilek tadi pagi, tapi sore sudah dibawa ke dokter. Yap ini pertama kali saya ditertawakan oleh dokter. Tapi setelah itu banyak sekali yang saya pelajari. Saya jadi lebih tenang dan tidak lagi terlalu grasak grusuk kalau Aqila tiba-tiba demam. Itu semua karena saya lebih banyak menambah literasi tentang kesehatan anak.

Nah, untuk itu saya akan sharing P3k sederhana anak yang setidaknya harus selalu ready di rumah menurut saya :

BUKU PEGANGAN

Ini menurut saya sangat penting untuk TIDAK langsung panik ketika terjadi sesuatu yang sebenarnya alamiah pada anak, akan tetapi karena kurangnya ilmu akhirnya orang tua menyalah artikan reaksi alamiah tubuh anak ini sebagai suatu yang berbahaya. Saya tau betul rasanya panik ketika anak tiba-tiba panas, atau benjol karena jatuh. Karena saya tau kepanikan saya itu tidak baik dan sehat, makanya saya rekomendasikan untuk punya buku pegangan di rumah. Lebih baik lagi jika punya no.Whatsapp dokter pribadi anak, jadi sewaktu-waktu bisa selalu bertanya ke ahlinya.

Untuk buku pegangan kesehatan anak di rumah, saya sarankan untuk menjadikan bukunya dr.Apin sebagai sumber ilmu untuk penyakit rumahan anak. Buku ini selain bahasanya yang menenangkan, tapi juga ditulis oleh ahlinya. Jadi kita tidak akan terhasut lagi dengan hoax yang sudah mendarah daging di kehidupan masyarakat kita. Karena percayalah, ketenangan itu kunci no.1 untuk memberikan pelayanan terbaik kepada anak ketika sakit.

TERMOMETER

Ini juga benda wajib yang ada di rumah setelah punya anak. Saya masih menggunakan termometer manual ketika Aqila masih di bawah 6 bulan. Akan tetapi setelah ia mulai aktif, saya ganti ke termometer digital. Simple, praktis dan akurat. Mengenai akuturasi termometer digital ini kuncinya termometer ini TIDAK BOLEH terjatuh. Karena hentaman yang keras bisa mengganggu akuratnya hasil termometer.

Termometer digital ini juga saya selalu bawa kemana-mana. Terutama saat travelling lebih dari sehari. Karena ini senjata ampuh untuk tiba-tiba menentukan oh anak ini demam, oh ternyta suhunya masih normal walau ketika diraba menggunakan tangan kok rasanya panas ya.

MHS/BUT-BUT

Ini minyak segala keluhan. Biasanya saya gunakan ini kalau badan anak mulai anget, atau kelelahan. Biasanya saya pijitin ke seluruh tubuh. Minyak ini juga untuk dioleskan kalau misalnya anak jatuh atau benjol. MHS ini juga yang selalu saya bawa kalau traveling lebih dari sehari. Sebelum mandi sore biasanya saya pijitin kaki, tangan dan punggungnya. Sejauh saa
ya gunakan minyak ini memang ampuh banget di keluarga kami. Karena bukan hanya anak kami yang gunakan oil ini, akan tetapi saya dan suami juga biasanya saling pijit menggunakan minyak ini kalau mulia lelah atau badan mulai pegel-pegel.

PENURUN PANAS

Saya biasanya sedia sanmol drop di rumah. Buat jaga-jaga kalau Aqila  panas nya semakin tinggi dan membuat dia tidak nyaman. Kalau badan aqila suhunya tinggi akan tetapi dia tidak rewel, bisanya saya tidak berikan sanmol drop. Jadi, standar saya gunakan sanmol jika Aqila mulai rewel dan tidak nyaman dengan suhu bandannya yang panas. Selain sanmol drop, saya juga sediakan obat penurun panas yang dimasukan melalui dubur. Ini saran salah satu dokter disini. Waktu awal pindah ke Malaysia Aqila memang sempat panas tinggi hingga 40°c, saya hanya berikan dia banyak ASI, air putih dan sanmol drop karena tidurnya mulai terganggu karena panas.

Karena sepertinya panasnya tidak turun, akhirnya kami bawa ke klinik dekat rumah. Dokter dan perawatnya kaget karena dicek suhu sudah 41°c. Aqila sampai di klinik sama sekali tidak rewel. Hanya memang mau digendong saya saja. Saat itu dokter langsung menyarankan untuk menurunkan panasnya dengan obat lewat dubur, katanya antipasi takut kejang kalau panasnya semakin tinggi. Qadarullah 1 jam kemudian panas nya beneran turun drastis jadi 37an dan keesokan harinya sudah sehat kembali. Sejak saat itu dokternya ngasih advice ke saya, sebagai ibu harus bisa baca situasi, harus berani ngasih anak obat terutama yang dimasukan lewat dubur. Alhamdulillah sampai sekarang saya jadi nyetok obatnya di kulkas.

PURE KIDS INHALANT

Ini andalan saya kalau Aqila hidungnya tersumbat. Sebenarnya Aqila termasuk anak yang anteng kalau sakit. Apalagi sekarang sudah bisa inisiatif sendiri kalau batuk langsung bergegas duduk dan minum air. Kalau lagi pilek dia inisitaif selalu ambil tissu kalau ingusnya keluar. Jadi saya memang agak tenang walau Aqila batuk atau pilek, karena setelah saya bacapun itu juga salah satu reaksi alamiah tubuh anak.

Akan tetapi untuk membantunya nyenyak tidur saat pilek, biasanya saya oleskan pure kids inhalant ini ke sapu tangan, lalu sapu tangannya diletakkan dekat ia tidur. Ini sangat membantu melegakan hidung tersumbat. Kadang saya juga meletakkan beberap tetes di air dalam wadah sebelum ia tidur, jadi sepanjang malam hidungnya bisa bernafas dengan lega walau sedang pilek.

CESSA SET

Selain pure kids inhalant. Produk cessa juga ampuh untuk Aqila. Cessa set ini terdiri dari :
- Fever drop : untuk demam (saya jarang pakai yang ini, karena kalau badanny hangat saya biasa gunakan but-but atau sanmol jika panasnya mulai mengganggu tidur)
- Cough and Flu : untuk batuk flu, ini juga ampuh untuk meredakan batuk. Saya lebih suka gunakan ini dibandingkan dengan obat sirup atau obat minum ketika batuk. Cessa cough ini tidak diminum. Tapi sebagai oil untuk dipijat lembut di tulang belakang, dada dan belakang leher. Alhamdulillah Aqila cocok gunakan produk ini ketika batuk flu.

- Bugs away : ini untuk jauhin nyamuk. Aqila cocok sih pakai produk ini, tapi saya memang kurang rutin gunain ini. Saya biasanya langsung gunakan minyak telon yang juga untuk jauhin nyamuk. Kalau minyak telon habis, saya biasanya langsung gunakan cessa bugs away ini.

- Lenire : ini sebagai relaksasi ketika anak tantrum. Alhamdulillah  qadarullah Aqila tidak pernah tantrum yang sampai tidak bisa di ajak negoisasi. Kalau mulai rewel biasanya saya cari tau dulu kenapa, lalu saya ajak dia ngobrol berdua saja, saya peluk, setelah itu biasanya dia lebih tenang.

-------------------------

Sampai disini dulu sharing saya tentang P3K sederhana di rumah. Semoga bermanfaat dan juga cocok untuk bayi moms di rumah.

Stay healthy yaaa...
Have a great day"!

0 Komentar