DEKORASI SEDERHANA UNTUK KAMAR SI TOODLER


Sebenarnya ini berawal dari sebuah kebosanan. Lalu mulailah muncul ide untuk sedikit demi sedikit mengganti suasana kamar bermain anak. Karena udah sebulan lockdown di rumah 24 jam, jadi memang waktu kami banyak dihabiskan di kamar main ini. Sepertinya sudah 3x gonta ganti posisi letak barang di kamar  dalam 1 bulan terakhir. Karena kami baru pindah kesini, jadi memang dekorasi kamar nya sederhana sekali. Tapi tidak masalah, dengan tidak banyaknya barang, Aqila jadi mudah untuk mulai bertanggung jawab membereskan kamar mainnya. Biasanya saya mengajaknya beres-beres bersama, sambil ngobrol eh tau-tau kamarnya sudah bersih.

Nah ada beberapa yang perlu di highlight  nih jika moms di rumah juga ingin dekorasi kamar anak :

WARNA

Penting untuk mendominasikan warna di kamar anak dengan warna-warna yang cerah. Seperti putih, kuning, hijau muda atau warna cerah lainnya. Ini sangat membantu mood bayi untuk selalu ceria di dalam kamarnya. Kelebihannya lagi bisa mengurangi adanya nyamuk. Warna cerah juga membantu kita untuk semangat membereskan mainannya setelah selesai bermain.

KASUR KECIL

Walau bayi belum akan tidur sendiri di kamarnya, tapi dengan adanya kasur ini bisa menjadi tempat istirahat bagi bayi pada siang hari. Jadi bayi memang benar-benar menghabiskan waktunya seharian di kamar bermainnya. Kasur ini juga bisa jadi tempat selonjoran orang tua sambil meantau anaknya bermain di kamar.

MEJA DAN KURSI KECIL

Ini semacam pengisi kamar yang sempurna. Karena bayi jadi merasa punya privasi sendiri untuk menyimpan barangnya di loker meja. Fyi meja ini sebenarnya meja bermain untuk pondasi lego. Bagian atas mejanya memang ada 2 sisi, sisi lego dan sisi datar untuk menulis. Meja dan kursi ini dibeli terpisah. Memang ukurannya sengaja dipilih mini supaya pas dengan usia anak. Kursi meja ini juga bisa dijadikan tempat dia saat makan. Bahannya yang licin memudahkan untuk dibersihkan kembali dengan tissu.

KARPET KECIL
Ini menjadi pemanis di tengah kamar. Karpet ini juga bisa jadi batas area bermain montessori seperti mainan pasir indoor atau bermain alas lukis cat air. Pilihlah bahan karpet yang plastik sehingga mudah untuk dibersihkan dengan tissu dan mudah untuk dipindah posisikan sewaktu-waktu.

POSTER-POSTER

Ini juga sebagai edukasi untuk anak yang sedang dalam tahap belajar berbicara dan mengenal nama-nama. Juga menjadi hiasan dinding yang sempurna dibandingkan dengan hiasan kaca yang kurang aman bagi anak. Sebagai tips pilihlah poster yang ukuran besar-besar, sehingga posternya bisa dimanfaatkan maksimal oleh anak. Hindari poster berwarna gelap dan berukuran kecil, karena hanya akan jadi pajangan dinding tanpa anak bisa mengambil manfaatnya sambil belajar.

MADING

Ini sangat membantu untuk menempelkan segala hal tentang anak. Baik itu poster rewardnya, jadwal hariannya atau sekedar untuk menempelnya karya-karya abstraknya. Untuk mading sendiri tidak harus membeli papan khusus mading kok. Cukup tempelkan kertas polos seukuran mading yang kita inginkan di dinding, voila jadilah mading ala ala anak toodler. Ini juga sebagai penyemangatnya untuk beraktifitas dan berkarya.

RAK BUKU/MAINAN

Ini penting agar kamarnya sentiasa bersih dan rapi. Ini juga untuk membantunya selalu bertanggung jawab meletakkan mainan ke tempat semula setelah bermain. Juga untuk ia belajar disiplin menyimpan buku setelah dibaca. Usahakan raknya bersifat terbuka, sehingga memudahkan akses anak untuk mengambil tanpa harus susah membuka dan menutup lemari. Ini juga mengurangi risiko jari terjepit, dsb.

GANTI POSISI

Rutinlah mengganti posisi barang-barang yang ada di kamar anak. Karena memang semuanya berukuran mini, jadi mudah bagi kita untuk memindahkannya sewaktu-waktu. Perubahan suasana di dalam kamar juga dapat memperbaiki mood bayi yang mungkin bosan dengan mainannya. Karena ketika anak bosan, bukan berarti orang tua harus langsung membelikan mainan baru. Akan tetapi bisa dengan memainkan mainan lama dengan cara baru atau memainkan mainan lama dengan suasana baru.

----------------------

Selamat mendekorasi kamar sang buah hati....
Semoga bermanfaat..

Have a nice day!!

0 Komentar