BUKU ANAK SEPERTI APA SIH YANG DICARI DI BBW?


Siapa yang tidak tau Big Bad Wolf (BBW)?.
Terhitung sudah 4x kami mengikuti pameran buku ini. 3x di Indonesia, 1x di Malaysia. Untuk kami yang memang pecinta buku, event seperti ini memang sangat dinanti. Apalagi dengan penawaran harga buku impor yang murah dan banyak sekali pilihan. BBW sendiri biasanya didominasi oleh buku-buku impor anak yang jenis nya ratusan. Jika tak jeli dalam memilih, maka kita akan terjebak di jutaan tumpukan buku tanpa tau harus membeli yang mana.

Tips pertama yang harus diketahui adalah, belilah buku sesuai dengan umur anak. Sesuai dengan tahapan motorik anak. Sehingga buku dapat digunakan fungsinya dengan maksimal. Hindari membeli tanpa ada persiapan list terlebih dahulu. Karena pengunjungnya banyak maka akan sangat tidak kondusif jika kita tidak punya gambaran/list buku apa saja yang dibutuhkan oleh anak.

Untuk anak kami sendiri, terakhir kami membeli buku untuk usia 1-2 tahun. Jadi sebisa mungkin saya selalu memilih board book (berbahan tebal/bukan kertas). Nah disini saya akan coba sharing jenis buku apa yang menurut saya sangat recommendate untuk dibeli ketika BBW :

STORY BOOK
Ini modelnya banyak sekali. Saya pribadi memlih buku yang isinya tentang manner atau kebiasaan nyata di keseharian Aqila. Saya memang menghindari membeli buku cerita fantasi seperti dongeng-dongeng princes. Karena bagi saya yang sedang berlahan menerapkan montessori di rumah, maka sebisa mungkin saya menghindari cerita-cerita fiksi hayalan.

Saya lebih memilih story book tentang hewan atau bumi, anggota tubuh, kebiasaan sehari-hari seperti mandi, makan, bermain dan cerita nyata lainnya. Story book ini juga sangat banyak jenisnya di BBW, saya biasanya memilih yang ada aktifitas flip up atau touch book. Jadi ketika bercertita ada alat yang membantu. Bisanya saya membeli 2 hingga 3 story book dengan jenis berbeda.

STICKER BOOK

Ini memang buku faforit Aqila sampai sekarang. Dan selalu dibawa ketika jalan-jalan keluar. Untuk sticker book saya biasanya memilih yang "up to 500 sticker". Kalau bisa pilih stickernya yang "reuseable", jadi anak bisa menggunakan stickernya berulang kali. Plusnya lagi kalau bisa pilihlah yang "Big Sticker" supaya anak dengan mudah membuka, tempelkan sticker. Saya pribadi biasanya membeli 4 sticker book. Karena buku jenis ini biasanya cepat "habis" dimainkan Aqila setiap hari. Untuk buku jenis ini memang biasanya saya memilih yang gambarnya lucu-lucu dan menarik.

SOUND BOOK

Ini buku kesukaan saya. Saya prefer lebih memilih buku yang mengeluarkan suara asli dibandingkan suara kartun atau animasi. Saya biasanya memlih suara binatang, atau kendaraan. Ini sangat membantu saya untuk mengenalkan Aqila berbagai jenis suara. Selain indra pendengaran, buku ini juga sebagai buku pendukung ketika saya sedang membacakan story book ke Aqila. Untuk sound book sendiri setiap BBW saya hanya membeli 1 jenis. Karena memang pilihannya kebanyakan adalah suara kartun/animasi.

PAINT BOOK

Ini buku jenis baru yang saya temukan di BBW tahun lalu. Jadi bukunya berupa kertas kanvas tebal yang terdiri dari rarusan halaman dan ada kemudahan akses untuk menyobek kertasnya jika ingin digunakan. Buku ini juga sudah include cat air dan kuas. Ini buku menurut saya sangat recommendate untuk anak seusia Aqila yang sedang sukanya memegang alat tulis. Next saya akan mencari buku sejenis ini lagi di BBW selannjutnya.

APLIKASI BOOK
Buku ini dapat digunakan dengan perantara handphone. Jadi kita harus download aplikasi bukunya di playstore, lalu ikuti pentunjuk penggunaan yang ada di buku. Gambar-gambar yang ada di buku akan terlihat nyata dan bergerak 3D di layar handphone. Saya pribadi sangat suka buku ini untuk menjelaskan ke Aqila langsung tentang Abjad dan tata cara shalat beserta gerakan.

HANDBOOK

Buku kecil yang satu ini tergolong paling murah (RM1) akan tetapi gunanya sangat terasa. Karena bisa dibawa kemana-mana dengan menyimpannya di dalam tas. Buku jenis ini juga yang selalu menemani Aqila ketika traveling. Bahannya yang tebal dan licin sangat aman untuk di coret-coret menggunakan spidol dan dihapus menggunakan tissu. Praktis, simple tapi cukup membuat Aqila anteng selama di perjalanan.

-------------------------------

Sekian sharing jenis buku di BBW yang menurut saya sangat disayangkan jika tidak dibeli ketika sudah tiba disana. Untuk buku jenis lainnya biasanya saya tetap beli 4-5 jenis buku anak lain akan tetapi tidak wajib. Karena biasanya BBW selalu ramai dengan pengunjung, jadi yang saya prioritaskan adalah mencari jenis buku di atas. Jika dapat buku jenis lain yang juga bagus, itu berarti bonus bagi saya.
Semoga bermanfaat..

Have a nice day!!!!

0 Komentar