TRAVELING TIPS

Nah kali ini saya mau sharing tentang beberapa tips jika ingin melakukan traveling. Kebetulan sekali saya dan suami memang sangat suka jalan-jalan. Apalagi dalam 6 bulan terakhir memang banyak situasi yang mengharuskan kami untuk berpergian ke beberapa tempat. Jadi ada 3 poin penting yang akan saya sharing disini :

BUDGETING
Sebelum membeli tiket, biasanya kami tulis-tulisin anggaran dulu. Mulai dari anggaran wajib seperti uang transportasi, makan, penginapan, hingga anggaran sekunder seperti untuk belanja oleh-oleh dan juga anggaran darurat jika suatu waktu ada keadaan yang tidak sesuai rencana.
Semua ini memang sistem nya diskusi antara saya dan suami, baik itu mau pakai pesawat apa, nginap dimana, dan apa aja yang saya request dari pemilihan penginapan.

Untuk penginapan sendiri ada beberapa yg saya highligh dalam memilih penginapan :
- Sesuai budget. Biasanya kami sudah mematok berapa nominal untuk penginapan. Gak mau yang terlalu mewah tapi harus tetap nyaman karena kami membawa bayi.
- Kolam berenang. Ini sebenarnya requestsan dari anak kami yang usianya belum juga 2 tahun. Ya karena ini liburan bertiga jadi diskusinya juga bertiga. Biasanya kami nanya dulu ke Aqila dia mau bobo dimana. Ya yang punya anak dibawah 2 tahun pasti taulah ya gimana caranya diskusi sama mereka. Setelah djajak diskusi penginapan ini biasanya dia Sangat sangat sangat antusias sekali.
- Strategis. Dalam artian deket dengan transportasi umum, ya minimal bisa ambil taksi online, dekat dengan pusat jajanan kalau sore dan dekat dengan spot-spot foto. Karena kami berdua sama-sama suka photography.

Ada pertimbangan lain juga sih, tapi secara garis besar ya 3 poin itu yang selalu jadi pertimbangan dalam memilih penginapan. Tips lainnya booking secara online. Biar dapat harga lebih murah (emak-emak ekonomis). Ada banyak sekali aplikasi untuk memilih tiket pesawat, penginapan bahkan ada juga yang menyediakan tiket tempat wisata dengan harga murah.

TIMING

Kenapa ini penting?
Karena saya sangat menghindari liburan ketika orang lain juga liburan. Jadi sebisa mungkin kami selalu memilih waktu bukan saat longweekend. Ini juga karena kami membawa bayi, keramaian yang terlalu rusuh sangat sangat kami hindari. Misal mau ke Kebun Binatang atau wisata nasional, kami selalu memilih weekdays. Jadi pengunjung tidak terlalu ramai, antriannya gak lebay plus plus nya lagi harga tiketnya masih normal. Ya walau itu berarti suami memang harus cuti/ambil jatah libur.
Untuk timing perjalanan nya nanti lebih jelas saya tuliskan di artikel tentng tips traveling bersama bayi menggunakan transportasi publik ya.

TRANSPORTASI

Untuk transportasi selama liburan, jika di Malaysia, kami biasanya lebih suka explore menggunakan transportasi publik seperti MRT, LRT ataupun monorel. Karena transportasi publik disini bagus banget kondisinya, dan yang pasti baby friendly karena jauh dari kata desak-desakan.
Kalau liburannya di Indonesia saya biasanya lebih mengandalkan taksi online grab/go car atau sewa mobil jika tempat yang ingin dikunjungi agak jauh. Misal, seperti tahun lalu kami menginap di hotel sekitar UGM, untuk explore pantai-pantai di Bantul kami lebih memilih sewa mobil untuk 1 hari full, karena kalau dihitung budgetnya lebih hemat.

Nah itu beberapa tips dari saya untuk orang tua yang ingin tetap traveling akan tetapi harus selalu membawa anak...
Untuk tips lengkap bagaimana travelling yang nyaman bareng anak dengan transportasi umum, ada di artikel selanjutnya yaaaaa...

Have a nice trip!!

0 Komentar