Explore Kuala Lumpur

Sebenarnya sudah lama mau sharing tentang ini. Karena banyak teman yang juga mau berkunjung dan berlibur kesini. Ya wajar sih karena Malaysia termasuk negara terdekat dengan Indonesia selain Singapur tentunya. Plus harga tiketnya juga tidak termasuk mahal, bahkan ada yang start dari Rp.300.000.

Nah untuk teman-teman yang mau berlibur kesini, ada beberapa tempat yang menurut saya wajib dikunjungi :

1. KLCC
Yap ini salah satu icon Malaysia selain Menara Kuala Lumpur. Disini kita bisa mengambil foto dengan background Twinn Tower. Bagi yang membawa anak, KLCC ini cocok banget untuk mengajak mereka bermain. Pastinya selama liburan harus adil dong antara destinasi orang tua dan destinasi untuk anak. Nah KLCC ini menyediakan playground yang sangat luas di halaman belakang, dan kabar baiknya lagi ada kolam berenang untuk anak-anak. Dan itu semua gratis tanpa perlu bayar tiket masuk. Nah jadi, sebelum memutuskan untuk ke KLCC, alangkah baiknya sudah membawa perlengkapan berenang anak. Seperti baju renang dan baju gantinya. Saran sih kalau mau berenang alangkah baiknya datang lebih pagi (mulai buka jam 10 pagi), jadi cuaca belum terlalu panas dan tidak  terlalu ramai. Fyi kolam berenangnya termasuk bersih menurut saya, karena petugas kebersihan selalu rutin membersihkan minimal 2 kali sehari.

Nah setelah anak puas berenang dan bermain di playground, kita bisa berkeliling sambil berjalan kaki mengitari taman KLCC yang luas. Jika lelah, bisa beristirahat sambil ngemil di saung-saung yang tersedia di setiap sudut taman. Selain ada kolam berenang untuk anak-anak. Disini juga ada kolam air mancur yang sangat memanjakan mata. Banyak turis yang sengaja menunggu hingga malam tiba di sekitar kolam ini, karena pada malam hari ada show water dancing dengan alunan lagu melayu yang bisa menjadi wisata malam pelengkap selama di Malaysia.

Selain ada wisata outdoor yang saya sebutkan diatas, ada juga wisata indoor yang mengedukasi  untuk anak-anak, yaitu Petro Sains. Dengan tiket masuk sekitar RM18 kita sudah bisa menikmati berbagai macam objek edukasi yang ada disana.
Jika sudah puas bermain dan merasa lapar, jangan hawatir karena di KLCC ini ada food court yang menyediakan berbagai macam menu makanan. Mulai dari masakan melayu, india, western food dan berbagai macam makanan lainnya.

2. Dataran Merdeka

Tempat lain yang tak kalah penting untuk didatangi yaitu daratan merdeka. Lapangan luas yang berlatar bangunan beraksitektur khas ini bisa menjadi salah satu tempat terbaik untuk mengabadikan momen mu ketika di Malaysia. Sarannya sih kalau mau kesini datang agak pagian biar sekalian jogging. Apalagi kalau weekend biasanya jalanan sepanjang depan bangunan dataran merdeka ini ditutup untuk yang mau jogging. Jadi kita bisa berfoto di tengah jalan dengan leluasa. Fyi tempat ini juga gratis ya, jadi gak ada bayar tiket masuk. Jika kita berkeliling dataran merdeka lebih jeli lagi, disini juga ada museum tentang Kuala Lumpur dan juga ada Perpustakaan Kuala Lumpur. Ya siapa tau mau ngademin badan setelah berpanas ria di tengah dataran merdeka, museum dan perpustakaan ini bisa jadi pilihan.

3. Mesjid Jamek

Tak jauh dari Dataran Merdeka, ada salah satu tempat ibadah yang sangat bersejarah disini, yaitu Mesjid Jamek. Tak jarang banyak wisatawan asing yang berkunjung ke Mesjid ini. Arsitekturnya yang unik dan aliran sungai kecil yang mengelilinginya menjadikan tempat ini sangat nyaman untuk disinggahi. Selain untuk tempat beribadah, tempat ini juga nyaman untuk beristirahat sejenak setelah berpanas ria di Dataran Merdeka.

4. Hanifa dan MyDin
Hanifa dan MyDin merupakan salah satu tempat perbelanjaan yang banyak diincar oleh para wisatawan, terutama untuk berburu coklat. Bangunannya yang luas dan relatif lengkap membuat tempat ini tidak pernah sepi oleh pembeli. 2 tempat perbelanjaan ini sama-sama terletak di Jl. Mesjid Hindia. Bagi yang baru saja dari Mesjid Jamek bisa banget ke 2 tempat ini dengan berjalan kaki. Saya pernah coba berjalan kaki hanya membutuhkan waktu sekitar 9 menit. Jangan sangka jalan yang dilewati membosankan dan melelahkan ya. Karena di sepanjang jalan dari mesjid Jamek menuju Hanifa dan MyDin ini dipenuhi oleh para penjual cendaramata has Kuala Lumpur. Harganya pun relatif murah. Mulai dari gantungan kunci, baju kaos sampai jilbab dan tas pun ditawarkan dengan harga yang pas untuk para wisatawan. Ketika berbelanja jangan lupa ditawar ya, karena mereka juga bersaing antara 1 kios dengn kios yang lain.

Ada beberapa TIPS nih dari saya jika ingin berkunjung ke Kuala Lumpur :

1. Hotel
Pilihlah hotel yang terletak di pusat kota. Seperti di sekitar Mesjid Jamek, KL Sentral dan Bukit Bintang.Tujuannya supaya mudah akses ke berbagai tempat dan memudahkan juga untuk mencari makan jika memang tidak disediakan oleh Hotel.

2. Transportasi
Saya sarankan untuk menggunakan LRT dan MRT. Harga tiketnya relatif murah sekitar RM3, dan stesen nya juga sudah menjangkau banyak tempat di Kuala Lumpur. Itulah kenapa tadi saya sarankan pilih hotel di sekitar Mesjid Jamek, KL Sentral dan Bukit Bintang, karena di ke-3 tempat itu juga sangat dekat ke stesen kereta. LRT/MRT disini kondisinya sangat bagus ya. Bersih, rapi dan tidak berdesak-desakan. Akan tetapi jika ingin menaiki taksi online juga bisa mendownload aplikasi My Car atau menggunakan aplikasi Grab dari Indonesia juga bisa.

Sekian...

Ini baru part 1 yaaa untuk Eksplor Kuala Lumpur, nanti saya lanjutkan lagii untuk sharing tempat-tempat lain yang tak kalah seru untuk dikunjungi...

Have a nice trip!!!

0 Komentar