Tips Travelling Bayi (<6m) via udara

Disini bunda akan sedikit sharing tentang tips membawa baby <6 bulan saat naik pesawat..
Aqila itu pertama kali naik pesawat ketika umurnya 1,5 bulanan, perjalanan dari Surabaya ke Jakarta..
Karena umur nya masih sangat kecil jadi masih Full ASI sama bunda, dan Dbf jadi gk pake dot atau empeng atau botol2an..

Ada beberapa tips ala bunda aqila:
- pesan tiket jauh sebelum hari keberangkatan..dan pilih jam keberangkatan nya jam tidur bayi, supaya diatas pesawat babynya bisa lebih anteng...
- periksa kesehatan bayi anda ke tenaga kesehatan terdekat,beberapa maskapai mensyaratkan surat (izin) kesehatan bayi itu hanya berlaku selama seminggu atau ada yg berlaku cuma 4 hari, jadi bunda sarankan periksa bayi nya di hari2 mendekati keberangkatan.
- jangan bawa barang terlalu banyak, barang2 bunda sampe di paketin pake kereta aja dari surabaya ke jakartanya, karena bakalan rempong kalau bawa bawaan banyak padahal bawa baby.
- sediakan diaper bag yang simple dan gk terlalu gede, ni pengalaman banget kalau bawa diaper bag kepesawat itu yang simpel dan ringkas saja, karena diaper itu bakalan diletak dikaki ibu, bukan di kabin atas plus diaper ini jg bakal jadi tas nya ibu, jadi 1 untuk semua, jangan sampe diaper juga ada tas ibu juga ada, jadi makin banyak bawaan..
- untuk yang muslim..sang ibu usahakan gunakan baju dan jilbab yang simple, usahakan gak pake jarum2an😅biar mudah bisa menyusui dimana saja plus kalau bisa jilbab bagian dadanya agak di panjangkan menutup sampe kabawah dada supaya jilbab nya bisa jadi multifungsi sebagai apron,karena jujur bunda kurang sreg kalau pake apron,karena aqila udah rewel dan haus duluan sedangkan bunda masih masang2in apron...
- baby nya usahakan pake pakaian yang simpel (seperti sleepsuit) dan jangan terlalu banyak aksesoris karena bisa membuat bayi gerah dan gak nyaman..
- karena bawa bayi jadi beberapa maskapai tidak mengizinkan check in secara online, tapi biasa disiasati dengan datang lebih awal ke bandara supaya bisa  request check in untuk tempat duduk yang depan karena membawa bayi..
- ketika diatas pesawat usahakan selalu memberi asi pada bayi,terutama saat take off dan landing,demi kenyamanan telinganya..
- jika diperjalanan baby terbangun, jangan panik dan buru2 menenangkannya, biarkan baby melihat sekitar terlebih dahulu, baru ajak cerita kalau kita lg d atas pesawat dan baru ajak bobo lagi..
- sesampainya di bandara tujuan jangan lupa langsung ke nursery room. Ganti semua pakaian dan popok bayi, jangan lupa sedikit washlap dengan air hangat, supaya semua bakteri perjalanannya hilang.

Isi diaper bag :
- baju ganti yang simpel (sleepsuit 2pcs)
- popok 2 pcs
- kantong plastik
- tissu kering+basah
- minyak telon+hand sanitiser
- barang kesukaan bayi (saat itu mainan teether jiref)
- handuk kecil
- bedak+lipstik ibu+parfum😅

Itu kira2 beberapa tips memabawa bayi dibawah 6 bulan menggunakan pesawat ala bunda aqila..
Happy travelling✈️

0 Komentar