DESAIN GRAFIS

Hi pembaca..

Disini saya akan sharing tentang salah satu kegiatan yang saya suka nih, yaitu desain grafis. Saya biasanya menggunakan desain grafis untuk memenuhi tugas-tugas pada kegiatan online, amanah online, konten ig dan terakhir yang sekarang hampir setiap hari saya lakukan adalah menggambar. Lebih tepatnya menggambar doodle. Saya sampai masuk ke 2 kelas menggambar online khusus untuk doodle ini.

Udah emak-emak ngapain ikut kelas menggambar lagi sih qi?

Eits, justru ternyata sekarang soft skill itu sangat saya butuhkan. Walaupun saya sudah punya basic menggambar. Tapi rasanya tidak afdhal jika tidak langsung berguru kepada ahlinya. Selain karena memang suka, sebenarnya saya kembali menekuni gambar juga karena target buku solo ke2 saya itu buat buku cerita anak. Jadi, daripada bayar jasa ilustrator, lebih baik saya langsung yang bikin ilustrasinya. Lebih simple dan menghemat cost pembuatan buku bukan?

Nah disini saya akan coba sharing tentang tips menggunakan 2 aplikasi yang sering saya gunakan dalam bermain desain grafis. Yaitu canva dan medibang. Semoga berkanfaat :

TIPS MEMAKSIMALKAN POTENSI CANVA

Siapa sih yang tidak tau applikasi canva?

Ini berawal dari amanah saya sebagai salah satu pengurus nasional di IP. Alhamdulillah disana saya merasa sangat banyak sekali belajar dan mencoba hal baru sampai sekarang.

Yang awalnya saya cuma tau canva hanya untuk bikin flyer atau frame foto, ternyata lebih dari itu. Di canva juga bisa membuat presentasi layaknya power point, bisa membut video layaknya adobe premier, dengan tools yang mudah digunakan dan dipahami untuk para pemula. 

Fyi saya juga menggunakan beberapa aplikasi lain seperti Picsart, Phonto, Medibang, power director, adobe lighroom, background eraser dan beberapa aplikasi pendukung lainnya seperti nocrop. Sejak saat itu, saya jadi  ketagihan menggunakan applikasi tersebut untuk segala aktifitas online yang saya jalani. Mulai dari bikin konten di akun ke2 di instagram, bikin video promosi untuk launching buku solo kemarin, bahkan saya juga membuat berbagai image mockup 3D untuk bahan promosi dari canva. Oh iya, selain itu di canva kita juga bisa bikin bahan presentasi baik berupa video atau pdf lho. 

Menurut saya ada beberapa kelebihan canva  :

- Banyak template gratis (dijamin puas). Plusnya juga ada berbagai size canvas sesuai dengan yang kita butuhkan. Jadi tidak perlu mengukur manual lagi canvas yang akan kita gunakan.

- easy to use (dalam artian mau hp kecil atau besar tidak mempengaruhi daya gerak kita di canva)

- Bisa bikin banyak halaman, belasan bahkan puluhan. Sangat pas untuk membuat layout word menjadi pdf yang unik dan cantik.

- Bisa di export menjadi pdf, jpg atau png tanpa harus di upgrade menjadi premium

- Dalam pemilihan font sangat dimudahkan karena tanpa perlu mencoba satu persatu. Ada contoh teks dalam berbagai kalimat yang sangat memudahkan kita dalam memilih. Dan yang pasti font gratisnya melimpah tanpa harus upgrade ke premium.

Usefull banget kan?. Disini saya akan coba sedikit sharing tips menggunakan canva yaaa. Sebenarnya niat awal mau input videonya ke artikel ini. Tapi ternyata sizenya terlalu besar. Jadi saya inisiatif uploud videonya di youtube, semoga bermanfaat..


Tips Memaksimalkan Potensi Canva oleh Wafi Azkia

Gimana?

Mudah bukan?. Sebenarnya masih banyak lagi fungsi canva yang dapat memudahkan berbagai aktifitas online kita. Silahkan coba di eksplor sendiri jika memang dibutuhkan. Semoga tips memaksimalkan aplikasi canva di atas bermanfaat yaa. (Sorry karena suara videonya terdengar seperti berbisik, karena direcord pake headset dan baby sudah tidur jadi tidak bisa bersuara lantang😂😂)

TIPS MENGGUNAKAN MEDIBANG BAGI PEMULA

Nah, kali ini saya mau sharing tentang aplikasi yang biasa saya gunakan untuk menggambar. Sebenarnya bisa gunakan aplikasi lain juga, tapi karena saya sudah terlanjur nyaman dengan fitur-fitur yang ada pada medibang, jadi saya tidak berpindah ke aplikasi lain.

Sedikit sharing, setidaknya ada 2 cara membuat gambar atau sketsa. Bisa dengan merubah foto jadi gambar, atau membuat imajinasi gambar sendiri. Disini saya akan coba sharing kedua cara tersebut. Untuk pemula memang sebaiknya membiasakan diri membuat gambar dari foto dulu. Dijamin ketagihan dan semakin sering gambar maka jari juga akan semakin lentur dan terbiasa.

2 contoh hasil gambar saya menggunakan Medibang (yang pertama dari foto dan  yang kedua hasil menggambar karakter imajinasi sendiri) :




Supaya langsung bisa dipraktekan,  karena ternyata videonya juga kegedean dan gak bisa uploud disini. Jadi silahkan tonton video yang saya uploud di youtube ya..


Tips Menggunakan Medibang Bagi Pemula oleh Wafi Azkia

Sampai disini dulu sharing aplikasi desain grafis yang saat ini sering saya gunakan. Semoga bermanfaat ya. Semoga videonya membantu. (Sorry karena suara videonya terdengar seperti berbisik, karena direcord pake headset dan baby sudah tidur jadi tidak bisa bersuara lantang😂😂)

Salam literasi..

7 Komentar

  1. Masya Allah mba', aku juga baru2 ini belajar menggambar.. Ilmu banget postingannya. .Insya Allah akan dimaksimalin canva & medibang nya

    BalasHapus
  2. Ilmu yang bermanfaat inii, aku juga sering pakai canva tapi templatenya selalu pakai template yang sama😄. Terimakasih sharingnya mbaa, jadi pengen coba juga aplikasi medibang..

    BalasHapus
  3. Maasyaa Allah mbak.... Makasih sharingnya.... Lagi belajar gambar via aplikasi jg nii mbak..... Jadi tau aplikasi baru lagi. Loveeee💕

    BalasHapus
  4. masya allah, makasih udah berkenan membagi ilmu nya mbak 😊

    BalasHapus
  5. Keren abis, paket komplit deh mom wafi ini, coba install medibang aah..jazakillah khair

    BalasHapus
  6. MasyaAllah multitalenta sekali 💞

    BalasHapus
  7. MashaAllah ko pas banget yaa hehe lagi belajar gambar tp belum bisa sketsa bagus.. makasih ilmunya mbaa..

    BalasHapus