LONG TRIP KL-JKT-JABAR-JATENG-JATIM


Alhamdulillah awal tahun ini kami diberi kesempatan untuk jalan-jalan lagi. Kali ini memang tidak ada persiapan apa-apa, bahkan beli tiketpun H-1, karena suami liburnya juga mendadak. Tapi alhamdulillah akhirnya bisa ngerasasin masakan asli indonesia lagi. Sebenarnya disini banyak sih masakan indonesia gitu, ada warung jawa, warung padang, tapi tetap aja rasanya beda dengan yang asli beli di Indonesia.
Kami memutuskan beli tiket pesawat penerbangan pagi, supaya siang hari sudah tiba di Jakarta. Alhamdulillah di Bandara dan Imigrasipun lancar karena visa dependent kami sudah jadi. Untuk barang bawaan kami hanya membawa 1 koper untuk traveling selama lebih kurang 8 hari. Kebayang gak gimana packingnya, baju untuk 3 orang selama 8 hari dalam 1 koper, plus printilan anak perempuan yang banyak. Tapi alhamdulillah ternyata cukup. Bahkan sempat beli beberapa pakaian lagi di Bogor dan Jogja.

JAKARTA-BOGOR
Setibanya di terminal 3 Soeta Jakarta, kami langsung menuju ke stasiun kereta api bandara (KA Bandara). Ya daripada naik taksi online, lebih baik mencoba KA Bandara yang masih baru bukan. Apalagi ini pertama kalinya kami bertiga naik KA Bandara ini. Kami memesan tiket menuju hotel yang letaknya di Sudirman. Harga tiket KA Bandara saat itu Rp40.000/orang. Keretanya nyaman dan bersih. Ya lebih kurang susunan kursinya seperti KLIA Expres dari KL Sentral ke Putra Jaya. Tapi lebih luas kursi kereta KLIA Expres. So far ya alhamdulillah setidaknya pernah mencoba KA Bandara. Aqila juga selama di kereta  excited banget. 
Setibanya di stasiun Sudirman, kami langsung ke food court di lantai 2. Mengisi perut sambil rehat sejenak. Dilanjut dengan memesan taksi online menuju hotel. Fyi hotel yang kami pilih ini juga mendadak, karena dekat dengan gedung pesta temen kami keesokan harinya, dan dekat dengan spot-spot foto di area sudirman. Sebagai tips kalau mau pesan hotel itu secara online, baik mendadak ataupun pesan jauh hari sebelumnya pun pasti harga lebih murah dibanding pesen di tempat.

Alasan lain kenapa kami memilih hotel ini karena ada private pool nya, jadi Aqila sama abinya bisa puas berenang kapanpun. Kami sengaja tidak memesan makanan dari pihak hotel. Karena disini tempatnya strategis banyak yang jualan di luar hotel. Apalagi lidah sudah rindu dengan sate, bakso, martabak dan makanan luar lainny.
Keesokan harinya kami full ke pesta pernikahan salah satu temen kuliah kami dulu dan setelahnya kami nongki-nongki di Plaza semanggi. Menghabiskan hari sebelum lanjut ke Bogor.

Di Bogor juga sebenarnya mau melihat rumah kami yang sudah berbulan-bulan ditinggal, mengambil beberapa barang untuk dibawa ke Malaysia dan meletakkan barang2 dari malaysia yang sudah tidak terpakai di Bogor. Walaupun kami ada rumah di Bogor, tapi tetap tidak bisa menginap disana, karena kondisinya sangat kotor dan tidak kondusif, ya wajar sih namanya juga rumah yang sudah ditinggal lama. Akhirnya pesan hotel ynag tidak jauh dari kawasan rumah kami. Fyi booking hotel ini pun juga mendadak ketika di perjalanan menuju Bogor. Karena dari kemarin belum nemu hotel yang pas. Dan alhamdulillah pilihan terakhir ternyata yang terbaik. Bahkan kami extend sewa kamar di hotel tersebut karena terlalu nyaman dengan tempat dan fasilitas nya.

Alasan kami memilih hotel juga sama seperti sebelumnya, selain dekat dengan rumah, ada swiming pool dan strategis dekat dengan pusat perbelanjaan. Bahkan keesokan harinya kami jalan kaki sekalian jogging ke pasar babakan madang untuk sarapan nasi uduk, ah sudah sangat rindu dengan nasi yang satu ini. Fyi hotel kami ini di gedung apartemen di belakang AEON Sentul city. Jadi, pihak hotel menyewa beberapa lantai dari apartemen untuk dijadikan hotel. Bahkan ternyata kami orang pertama yang menempati kamar tersebut. Yap alhamdulillah semua fasilitasnya masih sangat baru dan bersih.

Selama 2 hari kami di Bogor, mengobati rindu dengan suara dan aroma hujan Bogor akhirnya terpenuhi. Makan masakan has sunda akhirnya terlaksana. Dan bertemu dengan beberapa teman lama akhirnya kesampaian juga. Setelah 2 hari di Bogor kami akhirnya harus melanjutkan perjalanan ke Jogjakarta. Pesan tiket kereta yang eksekutif H-1 alhamdulillah masih dapat harga normal. Kami mengambil jadwal perjalanan kereta malam dan subuh sampai d jogja. Supaya Aqila bisa istiraht sepanjang perjalanan. Sore dari Bogor dan tiba di Stasiun Gambir Jakarta lepas magrib. Setelah isya alhamdulillah kereta kami sudah mulai berangkat.

JOGJAKARTA

Selama di perjalanan lebih kurang 9 jam itu kami bertiga sempurna tidur. Alhamdulillah selama perjalanan aman dan nyaman, itulah alasan kenapa kami selalu memilih yang eksekutif kalau membawa bayi. Supaya bayi nyaman dan kamipun tenang. Sampainya di Jogja, kami langsung menuju ke tempat adik saya yg memang sedang kuliah di Jogja. Kami belum bisa masuk ke hotel, karena baru bisa chek in jam 12 siang. Untuk pertimbangan dalam  pemilihan hotel juga masih sama, strategis dan ada kolam untuk Aqila dan Abi.

Kami di Jogja lebih kurang selama 3 hari. Alhamdulillah bisa puas merasakan hiruk pikuk Malioboro yang has. Selain ke Malioboro, kami juga ke Kebun Binatang Gembira Loka. Untuk kebun binatang ini memang request Aqila sejak di Malaysia. Dia semangat mau ke indonesia juga karena Gembira Loka ini. Alhamdulillah dari hotel ke Gembira Loka cuma 8 menitan.
Untuk harga tiket Gembira Loka sendiri itu kami pilih yang Tiket Terusan + Perahu Ketamaran + Kereta Keliling, harganya Rp.55.000/orang. Alhamdulillah karena saat itu weekdays, jadi pengunjung tidak terlalu ramai. Dengan tiket terusan itu kami puas main didalam dari pagi hingga siang hari. Makan siang di food court kebun binatang baru setelahnya balik ke hotel.

Untuk kebun binatang gembira loka itu sendiri menurut saya  sangat bagus dan terjaga. Kamar mandinya pun bersih dan wangi (ini point penting menandakan tempat itu bersih dan nyaman diliht dari keadaan kamar mandinya).
Selain ke kebun binatang, kami juga ke Dagadu (disini abi belanja2), dan ke Sakola (disini bunda yang belanja2). 2 tempat itu wajib sih bagi kami kalau ke Jogja. Dagadu sendiri memang brand has Jogja, sedangkan Sakola tempat belanja  favorit bunda sejak dulu kalau jalan-jalan  ke Jogja.

Selain itu kami juga pergi ke Lippo dengan tujuan untuk kulineran di roof top nya. Selain jajan makanan di roof top, disini kami juga bertujuan untuk ngajak aqila main di playground nya. Ya sekalian cuci mata kata abi.
Alhamdulillah setelah 3 hari puas main di Jogja, kami melanjutkan perjalanan ke Jawa Timur, Sidoarjo. Sebenarnya kami mau main ke Solo dulu, nginap dan jalan-jalan di keraton sekalian mengajak Aqila. Tapi dengan berbagai pertimbangan (salah satunya karena pakaian kotor numpuk), akhirnya kami memutuskan langsung ke Jawa Timur.

JAWA TIMUR.

Alhamdulillah selama di Jawa Timur kami berkesempatan ke Cimory (ini Aqila sama Abinya yg request). Yap cimory yang biasanya ada di puncak Bogor, sekarang sudah ada di Jawa Timur tepatnya di Prigen, Pasuruan. Ternyata cimory prigen ini memang masih sangat baru, bahkan peresmiannya baru akhir tahun lalu. Jadi beberapa spot di dalamnya masih dalam pembangunan. Tapi so far alhamdulillah puas. Walau kemarin di Bogor gak sempat ke puncak, alhamdulillah mengobat rindu dengan yogurt yang juga ada di cimory prigen.
Untuk tiket masuk juga masih terbilang wajar, yaitu Rp20.000/orang (sudah include gratis yogurt 2 botol). Alhamdulillah Aqila senang banget bisa main ketemu binatang lagi. Didalamnya kalian bisa beli wortel seharga 5000/ikat (dapat banyak sih ini, kami bisa ngasih makan kelinci, unta, keledai, dan hewan lainnya. Spot 1 dengan yang lainnya tidak terlalalu jauh, jadi masih sangat nyaman untuk berjalan kaki membawa bayi (semi toodler kalau Aqila,hehe).

Selama disini kami juga sempat keliling Kota Bangil, saya sempat perawatan sebelum balik ke Malaysia dan abinya bisa puas minum sinom selama disini. Aqila juga puas bermain di alun-alun sambil absenin toko mainan di sepanjang jalan.
Selain itu kami juga ke Ranu Manduro. Ingat gak destinasi yang tiba-tiba jadi tempat wisata yang sempat viral di instagram?. Ya dan alhamdulillahnya kami kesana tepat 3 hari sebelum diberitakan kalau Ranu Manduro dibanjiri ratusan orang yang berbondong-bondong ingin kesana.
Ketika kami ke Ranu Manduro ini belum terlalu rami orang yang kesana, walau sudah dikenai biaya masuk akan tetapi alhamdulillah masih feeling good dibandingkan 3 hari setelahnya.

Terakhir sebelum balik ke Malaysia kami juga sempat makan seafood segar yang bisa langsung dipancing. Lesehan di saung sambil ditemani semilir angin dan masakan has Jawa Timur bersama orang-orang tersayang, Masyaallah sempurna.

..........................

Alhamdulillah selesai sharing perjalanan long trip kami membelah pulau jawa, mulai dari Jawa Barat, terus ke Jawa tengah dan lanjut ke Jawa Timur..
Untuk tips traveling dan tips membawa bayi ada di artikel-artikel sebelumnya yaaa..

Sampai jumpa di sharing jalan-jalan selanjutnya...

Have a nice trip!!!

7 Komentar

  1. Jadi pingin jalan2, rindu Jogja 🥺

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah seblum corona menyerang ya mba udah puas keliling jawa dluan

    BalasHapus
  3. huaaaa bacanya jadi kangen traveling juga 🥺

    BalasHapus
  4. Jadi penasaran juga sama kebun binatang gembira loka sama sakola. Asik juga kayanya ajak anak-anak.

    BalasHapus
  5. Corona cepatlah berlalu ingin ke Jogja hehe

    BalasHapus
  6. Liburan yang sangat efektif ya mbaa, dalam beberapa hari bisa mengunjungi banyak tempat wisata yang bagus-bagus

    BalasHapus